fbpx

Forum Ortu Murid Protes Aturan PPDB, Wagub DKI Pastikan Masukan Diakomodir

Jakarta – 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespon protes Forum Orang Tua Murid terkait aturan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Riza mengatakan bahwa Dinas Pendidikan (Disdik) DKI sudah mengatur teknis pelaksanaannya, namun semua masukan tetap akan dipertimbangkan.

“Terkait dengan zonasi ini sudah diatur oleh Disdik secara teknis. Prinsipnya, kami pimpinan ingin memberikan keadilan dan memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang kurang mampu agar mendapat pendidikan yang lebih baik,” kata Riza saat dihubungi, Kamis (11/6/2020).

“Begitu Disdik mengatur berbagai kebijakan secara teknis agar seluruh siswa yang di Jakarta ini mendapat kesempatan yang sama, baik dalam mendapatkan keadilan,” imbuhnya.

Riza menyebut usulan untuk menghapus batas usia pada PPDB itu sedang dikaji oleh Disdik. Menurutnya, Pemprov DKI ingin proses pendidikan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Terkait dengan pengaturan usia dan sebagainya, itu nanti dari Disdik yang mengatur teknisnya. Jadi, kami pimpinan prinsipnya ingin proses pendidikan di Jakarta lebih baik dari tahun sebelumnya, terus kami perbaiki,” jelasnya.

Namun demikian, Riza mengatakan usulan dari orang tua murid itu akan dijadikan sebagai masukan walaupun sudah ada kebijakan. Riza menegaskan pihaknya menerima semua masukan.

“Artinya, sudah ada kebijakan yang diambil Disdik. Namun, kalau ada masukan dan saran tentu kami memberi ruang siapa saja bisa memberikan masukan dan saran. Namun demikian, semua masukan dan saran akan kami tampung, kami akan dengar, akan kami akomodir dan kami harus membuat kebijakan,” tutur Riza.

Kepada orang tua murid Riza juga menyampaikan pesan. Menurut Riza, Pemprov mengambil kebijakan untuk kebaikan bersama.

“Untuk itu kami mohon para orang tua bisa memahami, mengerti, kebijakan yang diambil adalah kebijakan yang diambil bagi semua, bukan bagi sekelompok orang atau sekelompok pendekatan lainnya. Tapi, kebijakan yang terbaik yang kami ambil,” ungkapnya.

Sebelumnya, Forum Orang Tua Murid SMP memprotes aturan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA DKI tahun 2020. Mereka curhat di hadapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hingga anggota DPRD DKI Jakarta.

Juru bicara Forum Orang Tua Murid, Dewi Julia mengatakan salah satu yang menjadi poin keberatan adalah soal batas usia. Menurutnya, usia paling tua-lah yang menjadi prioritas di PPDB SMA DKI tahun 2020 ini.

“Kami melihat dari sistem zonasi tidak sesuai dengan semangat zonasi, yang mana harusnya zonasi itu berdasarkan jarak dan berdasarkan nilai yang diraih siswa, tapi sistem yang ada di DKI hanya melihat usia,” ujar Dewi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/6).

Sumber: Detik[dot]com

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close