fbpx

Dukungan Mengalir dari Fraksi PAN DPRD DKI yang Mendukung Riza Patria Menjadi Wagub DKI

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta menyatakan, dukungannya kepada kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria.

Hal itu disampaikan PAN, saat mereka menerima kunjungan Riza ke Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta pada Senin (3/2/2020) siang.

“Insya Allah, kami turut bersama Gerindra, dan di sini (DPRD) kami kompak,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim pada Senin (3/2/2020).

Lukmanul mengatakan, hubungan Gerindra dengan PAN sangat baik bahkan saat Pilkada 2017, kemarin, mereka turut mendukung pemenangan Anies Baswedan dan Sandiaga menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI.

Akan tetapi, dukungan terhadap Partai Gerindra perlu dikomunikasikan lebih lanjut kepada DPW PAN DKI Jakarta.

Lukmanul menyadari, ada beberapa pesan yang perlu dikomunikasikan kepada DPW terkait dukungannya tersebut.

“Nanti, kami diskusikan dulu dengan DPW karena bagaimanapun kami di sini adalah petugas partai yang mewakili masyarakat,” kata Lukmanul.

Dalam kesempatan itu, Lukman meminta kepada Riza untuk memperhatikan persoalan besar yang dihadapi warga Jakarta.

Salah satunya adalah kemiskinan, banjir, kemacetan lalu lintas dan sebagainya.

“Terpenting, harapan kami, jangan jadi batu loncatan ke pemerintah pusat karena rakyat Jakarta masih banyak yang miskin masih dan banyak RW yang kumuh,” katanya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra, Mohamad Taufik mengatakan, kedatangan Ahmad Riza Patria ke sejumlah fraksi untuk memperkenalkan sosoknya.

Dengan adanya perkenalan itu, diharapkan paradigma yang dibangun bisa sama sehingga Gerindra mendapat dukungan politik dari fraksi lain.

“Kehadiran kami ke Fraksi PAN ingin memperkenalkan, yah walaupun sudah kenal tapi perlu dikenalkan lagi Cawagub dari Gerindra.”

“Mudah-mudahan setelah perkenalan ini, dapat memahami apa yang ada di dalam pikiran dari Riza Patria setelah itu PAN memilih kami,” ujar Taufik. 

Sebelum ini, diberitakan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada Ahmad Syaikhu untuk tetap menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 atau bertahan menjadi kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta.

Hingga kini, Ahmad Syaikhu belum mengajukan surat pengundurannya dari kandidat Wagub DKI kepada DPW PKS DKI ataupun DPP PKS.

“Kami masih menunggu keputusan dari yang bersangkutan saja. Karena belum ada putusan juga dari DPW PKS DKI ataupun DPP, sebab yang namanya politik itu dinamis kadang nggak bisa diprediksi,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Muhammad Arifin pada Selasa (1/10/2019).

Arifin mengatakan, PKS masih mempertahankan dua nama kandidat Cawagub DKI yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Nama Ahmad Syaikhu tidak dicoret dari kandidat Cawagub DKI meski pada Selasa (1/10/201) dia dilantik menjadi anggota DPR RI.

Walau telah dikukuhkan menjadi anggota dewan, kata dia, bukan berarti Syaikhu mengundurkan diri dari kandidat Cawagub. Bila nanti Syaikhu justru memilih kursi Cawagub DKI, partainya akan mengajukan pergantian antar waktu (PAW) kepada DPR, sehingga posisinya bisa digantikan oleh kader PKS lainnya.

Namun bila Syaikhu lebih memilih menjadi anggota dewan, kata dia, maka partai telah menyiapkan sosok penggantinya sebagai kandidat Cawagub. Hal ini dilakukan supaya proses pemilihan Cawagub oleh DPRD DKI Jakarta tidak memakan waktu yang cukup lama.

“Sudah disiapkan alternatif-alternatif (sosok pengganti) itu, tapi kan kami nggak bisa berandai-andai. Yah sebagai partai politik, tentu kami sudah menyiapkan nama penggantinya dari beberapa pilihan,” ungkapnya.

“Beliau itu bisa tetap jadi Cawagub, atau malah nanti beliau mengundurkan diri dari Cawagub. Jadi kami masih menunggu keputusannya saja,” tambahnya.

Hingga kini, Arifin mengaku belum mendengar langsung dari Syaikhu terkait keputusannya apakah tetap menjadi anggota DPR atau memilih menjadi kandidat Cawagub DKI. Namun dia memastikan, kursi Wagub DKI merupakan jatah PKS.

Hal ini sebagaimana perjanjian dengan partai koalisi yakni Partai Gerindra. “Yah itu memang sudah kesepakatan antara PKS dan Gerindra bahwa itu memang jatah PKS. Kami berharap mudah-mudahan dua partai ini tetap konsisten mengawal pemilihan ini bahwa ini memang jatah PKS,” katanya.

Arifin berharap, rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) mengenai Cawagub bisa digulir bila Pimpinan DPRD DKI Jakarta telah ditentukan. Dengan demikian, penetapan sosok Cawagub bisa diputuskan sebelum akhir tahun 2019.

“Rapimgab mengenai Cawagub bisa langsung dibahas karena menggunakan draf tata tertib yang dibentuk oleh panitia khsusus (pansus) anggota DPRD DKI periode 2014-2019 lalu. Jadi tinggal digelar saja rapatnya (Rapimgab),” katanya.



Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Dukungan Mengalir dari Fraksi PAN DPRD DKI yang Mendukung Riza Patria Menjadi Wagub DKI, https://wartakota.tribunnews.com/2020/02/03/dukungan-mengalir-dari-fraksi-pan-dprd-dki-yang-mendukung-riza-patria-menjadi-wagub-dki?page=3.
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close